Selasa, 20 Desember 2011

Tugas Komputer dan Masyarakat 'Kebebasan Mimbar dengan TIK'


 
Dizaman era yang modern ini kebebasan mimbar pun tak lepas dari pengaruh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang semakin pesat. Tidak hanya di dunia non formal di dunia formal pun kebebasan mimbar denagn TIK tak terbantahkan lagi. Misalnya pada bidang pendidikan, perkembangan yang cukup pesat di bidang strategi pembelajaran yakni penggunaan methode belajar dengan menggunakan E-learning.
Perubahan paradigma strategi pembelajaran dari teacher-centered ke student-centeres mendorong civitas akademika untuk menggunakan elearning sebagai salah satu mtode pembelarajan yang dipersepsikan bersifat student centered. Pemanfaatan e-learning diaharapkan dapat memotivasi peningkatan kualitas pembelajaran dan materi ajar, kualiatas aktivitas dan kemandirian mahasiswa, serta komunikasi antar a dosen dengan mahasiswa maupun antar mahasiswa.E-learning juga dapat digunakan unuk mengatasi keterbatasan ruang kelas serta hambatan jarak dan waktu di dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan yang tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.  dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar),menurunkan biaya operasional(operating cost), Melebarkan jangkauan (global reach), Meningkatkan customer loyality, meningkatkan supplier management, memperpendek waktu produksi,meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan) itulah beberapa dampak positif yang ada.
Meskipun demikian, segala sesuatu hal pasti ada dampak positif dan negatifnya, begitu pula dengan program e-learning ini. Dampak negatif yang mungkin timbul dari program e-learning Misalnya: tidak semua mata kuliah menuntut mahasiswa harus aktif sepenuhnya, seperti mata kuliah kalkulus, statistik, akuntansi, fisika atau mata kuliah kantitatif lainnya yang memerlukan bimbingan dari dosennya langsung. Kedua, metode ini membuat mahasiswa menjadi malas karena semuanya serba instant. Ketiga, penggunaan teknologi internet dalam proses belajar mengajar membuat mahasiswa semakin jauh dari buku. pertanggungjawaban dari pelajaran yang diajarkan melalui metode e-learning sulit dibuktikan karena pembelajaran tersebut berada di dunia maya, dimana didunia ini semua bisa dimanipulasi dengan mudah. Kelima, kurangnya atau minimnya tatap muka antara dosen dan mahasiswa membuat komunikasi diantara keduanya kurang, padahal saat ini komunukasi langsung sangat diperlukan. Selain itu, kadang mahasiswa sama sekali tidak tahu siapa dosennya sehingga mahasiswa kurang hormat terhadap dosennya.
Karena dampak negatif yang timbul tudak hanya masalah yang sepele maka Untuk itu, penggunaan metode pembelajaran e-learning harus ditinjau ulang lagi apakah benar-benar bermanfaat bagi mahasiswa atau tidak. Usahakan meminimalisir dampak negatif yang ditimbulkan dari penggunaan metode ini. Meskipun metode ini digunakan tetap harus mengutamakan komunikasi langsung (tatap muka) antara mahasiswa dengan dosennya.

Tidak ada komentar: