Minggu, 05 Januari 2014

Implementasi Metode SAW Pada Sistem Pendukung Keputusan Untuk Memilih Anggota UKM Catur UGM Untuk Dikirim ke Ajang Pertandingan



Abstrak

Universitas Gadjah Mada merupakan salah satu Universitas yang mempunyai UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) terbanyak di Indonesia.  Salah satu UKM olahraga yang aktif adalah UKM catur, dimana salah satu agenda utamanya adalah mengikuti kejuaraan-kejuaraan catur baik itu tingkat universitas, daerah, ataupun tingkat nasional. Karena dana yang dimiliki tidak memungkinkan untuk membiayai seluruh anggota untuk ikut pada kejuaraan, sehingga perlu diadakan pemilihan anggota yang tepat dan pantas untuk dikirim ke ajang kejuaraan. Pemilihan dengan cara home tournament saja dirasa kurang efektif karena masih memiliki beberapa kelemahan sehingga menimbulkan beberapa permasalahan.
Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) merupakan salah satu metode sistem pendukung keputusan untuk menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif berdasarkan kriteria tertentu. Salah satu metode dalam FMADM adalah Simple Additive Weighting (SAW). Metode SAW didasarkan pada konsep perangkingan dengan perbandingan berpasangan antar alternatif pada kriteria tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan metode SAW dalam pengambilan keputusan pemilihan pemain catur.
Hasil penelitian menunjukan bahwa proses seleksi dipengaruhi oleh kriteria dan perbandingan tingkat kepentingan alternatif antar kriteria. Adapun kriteria-kriteria yang digunakan adalah hasil seleksi, kedisiplinan, performa 3 bulan terakhir, prestasi 1 tahun terakhir, dan gelar. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi yang dapat memberikan daftar perangkingan alternatif berdasarkan nilai preferensi. Nilai preferensi terbesar menunjukan alternatif tersebut layak dan pantas untuk dikirim ke ajang pertandingan.


Kata kunci: FMADM, SAW, Kriteria, SPK, Kejuaraan

Tidak ada komentar: